4 Cara Mengatasi Rasa Malas, Yang Dapat Berakibat Fatal Bagi Anda

Cara Mengatasi Rasa Malas
Tips Menghilangkan Rasa Malas

Keluar dari zona malas

Thepedit.com-
Pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan tips penting dalam mengalahkan rasa malas bagi anda yang ingin mengubah pola hidup anda menjadi lebih baik dari sebelumnya, jika anda sebelumnya orang yang sering mengidap rasa malas, ataupun anda bahkan ada yang pemala, maka anda bisa menerapkan tips yang saya bagikan ini dalam kehidupan anda :



1. Membuat target / goals

Tips yang pertama adalah menentukan / membuat target, apa yang dimaksud target disini? target adalah suatu sasaran yang ingin anda capai pada suatu kesempatan atau periode terntentu.

hal ini sangat baik bagi anda yang sering merasa malas dalam melakukan sesuatu, besar kemungkinan anda akan menemukan semangat baru untuk menjadi lebih  rajin dan aktif dalam menjalani hidup.  

Misalkan : " 3 bulan kedepan anda ingin membeli mobil, maka anda secara tidak sadar akan menjadi lebih aktif untuk mewujudkan gols anda ". 

Contoh lain ketika kita memiliki jadwal keluar kota besok pagi hari maka secara otomatis kita akan bangun lebi awal daripada biasanya, jika sebelumnya kita bangun pagi jam 9 tetapi dengan adanya jadwal untuk keluar kota pukul 7, maka otomatis anda akan bangun sebelum pukul 7, hal itu mendorong sedikit demi sedikit mengurangi rasa malas anda. 


2. Punishment / hukuman

Selama ini kita semua sering membuat diri kita menjadi pemalas dengan berbagai alasan, kita akan terbiasa dengan rasa kemalasan tanpa kita sadari ketika kita selalu memanjakan diri kita, tanpa memberinya hukuman atau tindakan ketika kita tidak menepati apa yang telah kita targetkan. 

hal ini memicu anda untuk selalu dalam keadaan malas apabila kita sering melakukan pola ini. dan hal itu berkembang didalam otak  bawah sadar kita menjadi virus melemahkan kepribadian kita. maka dengan adanya punshmen / hukuman kita akan tergerak secara tanpa sadar memenuhi apa yang ingin kita capai, dan membuang rasa malas dalam diri kita. 

Baca juga : 



Dari pengalaman keseharian kita sangat takut dengan hukuman, misalkan jika kita tidak memiliki SIM, maka kita akan ditilang oleh petugas lalu lintas, maka dengan sukarela kita akan membuat kartu SIM. begitu juga dalam contoh lainya, misalkan kita seorang atlit renang, maka kita akan berlatih keras ketika kita ingin mengikuti sebuah perlombaan. hal itu memicu adrenalin kita untuk menjadi lebih aktif dalam menjalani kehidupan kita kearah positif. 


3. rewards / hadiah


Rewarads adqalah hadiah yang bisa anda berikan kepada diri anda ketika telah mencapai suatu target yang di buat.Sangat layak unutk anda coba sebagai penambah doroangan yang memicu semangat produktivtas anda dalam mengurangi rasa malas. 

Bagi anda yang telah mencapai suatu target atau aktivitas yang bernilai positif, anda bisa mencoba memberikan rewards kepada diri anda dengan traveling, ataupun liburan sesuai hobi yang anda inginkan. Buatlah diri anda bahagia, dan nikmati masa reward anda untuk  kesenangan yang positif.



4. Buatlah jadwal aktifitas anda


Membuat jadwal aktifitas sangat dianjurkan ketika kita di hinggapi rasa malas yang berlebihan. dengan adanya jadwal yang telah kita tetapkan, akan membantu kita untuk dispilin dan juga mengontrol aktivitas agar tidak saling bertabarakan atau semrawut.

Jika anda merasa malas menyelimuti, sebaiknya buatlah jadwal aktivitas rutinan mulai dari jadwal keseharian, mingguan, dan bulanan. Fokuskan kepada planing pokok target tujuan anda terlebih dahulu, kemudian aktivitas lain yang positif, sesuai dengan kondisi anda. 

Intinya membuat jadwal harus kita paksakan untuk disiplin sesuai kemampuan kita, dan mencoba untuk menggantinya dilain waktu apabila jadwal yang telah kita buat tidak terlaksana. lakukan aktivitas semaksimal mungkin agar ada perasaan bangga terhadap apa yang telah anda kerjakan.

mungkin inilah tips yang bisa kita coba untuk mengurangi rasa malas, karna malas merupakan faktor besar penghambat bagi diri anda mencapai keinginan yang positif. semoga bermanfaat

Comments

Popular Posts