10 Tips Mencari Modal Usaha Yang Paling Populer Bagi Anda Perintis Usaha Baru



Cara Mencari Modal Bisnis
Tips Mencari Modal Usaha

Thepedit.com- Membuka bisnis yang baru memang bukan perkara mudah, tetapi hal itu sangat baik untuk anda jalankan yang ingin menguji seberapa kemampuan anda dalam mengelola sebuah usaha. selain bisnis merupakan salah satu cara paling baik untuk mencari penghasilan anda juga dapat mengukur seberapa kualitas dan kemampuan anda dalam mengolah diri menjadi lebih baik. selanjutnya bagaimana anda memulai bisnis yang akan anda jalankan, dan bagaimana cara mencari modal bisnis itu. jangan khawatir disini saya akan berbagi tips dan informasi yang cocok untuk anda coba bagaimana cara mencari modal bisnis untuk anda yang belum memiliki modal sama sekali atau memiliki sedikit modal. 

Adapun tips untuk mencari modal adalah sebagai berikut :

1. Tabungan

Menabung merupakan salah satu hal positif yang dapat memberikan kontribusi besar bagi hidup anda, dal hal ini salah satunya. jika anda memiliki tabungan maka anda tidak perlu repot dalam mencari modal untuk bisnis anda, usahakan sebelum memulai bisnis atau usaha anda sudah memiliki tabungan ataupun aset yang bisa anda gunakan.

2. Meminjam uang pada Bank

Selanjutnya jika anda merasa butuh modal yang cukup besar anda bisa mencoba mencari modal dengan cara meminjam pada bank, namun sebelum anda mencoba untuk meminjam kepada bank, perhatikan dfahulu resiko pengembalianya, apakah kita harus mengambil langkah ini ataupun kita mencari jalan dan alternatif lain yang bisa kita manfaatkan.

3. Menjual aset berharga

Tips ini sebenarnya sangat berisiko tetapi jika kita ingin menjalankan sebuah usaha baru, maka anda tidak perlu takut untuk sedikit mengeluarkan aset anda kepada usaha atau bisnis yang ingin anda geluti secara rutin dan maksimal.

4. Menggadaikan Aset / Barang

Sesuatu yang bisa kita menimalisir dari resiko dengan cara ini juga efektif dalam mencari modal usaha yang ingin kita rintis, karena dengan cara menggadaikan aset kemungkinan hal itu akan kembali pada kita masih besar, mengingat uang yang kita peroleh dari hasil ini untuk kita kembangkan, bukan kita konsumsi secara membabi buta. namun untuk hal ini harus kita rincikan terlebih dahulu apakah bisnis kita ini memiliki potensi maksimal atau tidak, maka saran saya sebelum memilih suatu usaha pastikan anda sudah meriset kebutuhan akan bisnis anda dahulu sebelumnya.

5. Mencari investor

Diluar sana masih banyak para investor yang siap untuk memberikan dana usaha usaha bagi para pebisnis. Jika anda memiliki sebuah ide dan gagasan yang baik, maka cobalah untuk mengajukanya kepada seseorang yang memiliki kemauan akan bisnis anda. dan carilah koneksi yang baik dalam mencari rekan atau partner bisnis.

Tips ini bisa anda gunakan untuk memperoleh modal yang besar, dan untuk memperoleh oleh seorang investor anda harus berani menjelaskan konsep bagaimana bisnis ini anda bangun, dan keunggulan apa yang bisa anda capai bersama investor ketika membangun bisnis ini kedepannya.

Baca Juga :



6. Pengajuan dana usaha lewat pemerintah ( UMi )

Selanjutnya anda yang ingin memulai usaha baru anda dan ingin mencari modal usaha maka anda bisa mengajukan pinjaman dana lewat pembiayaan ultra mikro ( UMi ). pembiayaan ini berasal dari pemerintah untuk membantu para calon pengusaha mencari suntikan dana usaha. 

Meskipun dana yang bisa kita peroleh hanya dalam kisar menengah yaitu maksimal 10 juta, tetapi jika anda ,mampu melunasinya secara tepat waktu sesuai prosedur, maka anda berkesempatan memperoleh pinjaman kur mikro 25 juta hingga kur Ritel 500 juta. hal ini bisa anda pertimbangkan dalam mencari dana usaha.

7. Mencari Partner bisnis

Tips ini sangat populer bagi para pebisnis, meskipun banyak yang mengalami ketimpangan, tetapi tips ini sebenarnya sangat baik bagi anda yang ingin menajalankan usaha secara profesional. anda dapat mengukur kejujuran, keuletan, dan kemampuan anda dalam menggeluti bisnis yang anda rintis.


8. Mencari dana lewat pinjaman online

Kemajuan tehnologi yang semakin cepat dapat membantu anda dalam berbagai hal, disini tentunya anda juga bisa mengambil kesempatan ini untuk mendapatkan dana usaha, banyak sekali situs yang menyediakan pinjaman dana secara online. hal itu layak untuk kita perhitungkan sesuai dengan kapasitas kita.

9. Pinjaman koperasi

Salah satu lemabaga pengembangan ekonomi mikro adalah koperasi, memag benar koperasi merupakan salah satu lembaga keuangan dan ekonomi yang sudah cukup tua. dan banyak memberikan kontribusi kepada masyarakat sejak dahulu. anda cukup datang ke koperasi dan tanyakan bagaimana cara meminjam modal usaha dan syarat-syaratnya.

10. Mendapatkan modal dingin

Nah, lalu bagaimana halnya jika kita cukup beruntung unuk mendirikan perusahaan atau bisnis dengan uang dingin, maksudnya uang dingin dingin adalah adalah dana yang telah di ihtiarkan oleh yang p[unya uang untuk siap hangus jika bisnis atau perusahaannya gagal ditengah jalan. Uang dingin adalah uang yang betapapaun hangus tidak mengganggu arus kas atau uang dapur si empunya uang. Dengan demikian bisa saya katakana, mungkin saja modal tersebut sudah disediakan  oleh keluarga kita mungkin juga oleh partner bisnis yang punya uang nganggur, dan lain sebagainya.


Jika demikian kondisinya tidak dapat kita pungkiri, kondisi yang kita hadapi bisa memungkinkan kita sedikit bernafas lega. Kita bisa sepenuhnya fokus pada operasional usaha, dngna kondisi demikian mungkin saja kita bisa langsung menyewa ruko, atau bahkan memungkin membelinya sehingga bisa terbebasdari biaya sewa pertahun. Sembari menikmati kenaikan harga property. Selain itu kita bisa merekrut karyawanlebih banyak sejak awal, bisa menyewa jasa konsultan yang kita butuhkan,bisa membeli lebih banyak barang dagangan, atau bisa mengambil pekerjaan yang lebih besar.

Sepintas dengan modal dingin, tampaknya bisnis yang kita dirikan bisa lebih kokoh berdiri dan lebih cepat berlari, pada awalnya bisa jadi begitu. Namun jika salah jalan, kerusakan yang terjadi bisa jauh lebih fatal ketimbang kondisi dimana kita berjalan dengan modal seadanya. Sejalan dengan pepatah “ kapal besar gelombang besar “dengan m,odal yang lebih besar, ada kecenderungan kita merasa merasa lebih bebas dalam mengeksekusi operasional harian. Dengna demikian potensi kecerobohan akan lebih besar. Ini sudah lumnrah terjadi dan manusiawi.

Oleh karena itu, disisi modal yang kuat dari sejak pertama kalinya wajib meletakan pondasi perusahaan yang baik, benar dan tepat best practice. Sudah pasti tim harus sering melakukan meeting dan meeting. Menggariskan visi misi perusahaan, merancang operasional jangka Panjang, menengah dan pendek. Merencanakan proyeksi arus kas dan pendapatan,perencanaan belanja modal, perencanaan rekrutmen, dan segudang pekerjaan awal.

Mengapa itu semua wajib dilakukan, selain karena kondisinya memungkinkan 9 modal besar , juga agar semua perencanaan matang tersebut bisa menjaga nagka modal agar terhindar dari kebocoran yang tidak perlu. Angka belanja , biaya dan pengeluaran mikro sudah dianggarkan sedemikian rupa sehingga tercipta tertib manajemen.

Sehingga dengan demikian, misalnya sang pemilik modal ingin melihat sejauh mana modal yang ditanamkan berputar atau berbuah, kita bisa memberikan gambaran pertanggungjawaban secara sangat jelas. Kalaupun terjadi kegagalan dalam mengembangkan modal tersebut, misalkan bangkrut, sang pengelola modal bisa memaparkan pertanggung-jawaban dengan lebih percaya diri karena apa yang dijalankan dalam usahanya, sudah berdasarkan asas best practice. Bukan karena  adanya mismanajemen atau kesalahan gaya pengelolaan kepemimpinan semata.

Itulah tips bagaimana anda  mencari modal usaha, kesimpulanya dalam hal ini anda harus berani untuk memulai mencari relasi yang banyak dan positif untuk mendapatkan modal usaha yang anda inginkan. banyak sekali cara yang bisa kita tempuh sesuai dengan kondisi kita dalam memulai sebuah usaha. tips ini layak anda praktekan. tapi dalam dunia bisnis untung dan rugi sudah menjadi lauk pauknya. ketika anda memulai usaha baru jangan ragu untuk menajalankanya. dan lewatilah tantangan demi tantangan dengan sangat percaya diri, dan jadilah pebisnis sukses yang mulia.


Comments

Popular Posts