7 Tips Cara Mendidik Anak Agar Mampu Berkembang Dengan Baik Sesuai Dengan Umur Dan Potensinya


Cara Mendidik Anak Yang Baik




Thepedit.com-Sebagai orang tua tentunya kita sangat menginginkan yang terbaik kepada sang anak, baik dalam segi moral, etika, pengetahuan, dan hal lainya. Setiap anak pasti memiliki bakat dan potensi sendiri - sendiri, maka sebaiknya jangan menyamakan potensi anak kita dengan potensi yang dimiliki anak orang lain. Orang tua sebaiknya mendidik dengan memahami seperti apa yang harus kita terapkan kepada anak kita, agar ia mampu tumbuh kembang dan memaksimalkan potensi yang dimilikinya. Nah, kali ini penulis sedikit berbagi tips tentang hal apa saja yang harus dilakukan orang tua kepada anaknya. 

1. Orang Tua Berperan sebagai pembimbing

Dalam hal ini orang tua ditempatkan peran nya bagi anak sebagai seorang pembimbing agar dapat meraih sebuah prestasi sangat diperlukan. Diantara hal yang harus dilakukan yaitu membuat suasana nyaman, mendorong kemajuan sang anak, membuat evaluasi Bersama yang sudah dicapai, memberikan filsafat hidup yang sehat dan prinsip yang kuat dalam kebaikan, memberikan perhatian yang cukup, menyediakan fasilitas yang bermanfaat sehingga anak akan merasa nyaman dalam mencapai kehidupan. Selayaknya sebagai orang tua, Kita harus memperlakukan anak sebagai pribadi yang dapat berkembang, mampu meraih kesuksesan dan cita cita, bertanggung jawab dan bertahan hidup sesuai zamannya.

2. Orang tua berperan sebagai contoh bagi anak anaknya

Ada istilah buah jatuh tak jauh dari pohonnya, Mungkin memang benar istilah ini banyak sesuai dengan yang terjadi pada kenyataan, Maksudnya ialah prilaku anak tak jauh beda dari orang tua nya. Perilaku yang ditunjukan oleh orang tua banyak mempengaruhi terhadap anaknya, hal ini dikarenakan anak akan meniru rutinitas yang orang tua kerjakan. Jika orang tua jujur, rajin, disiplin, maka secara otomatis anak akan sedikit meniru kebiasaan yang orang tua lakukan.


Baca Juga :


3. Menerima dan menghargai kemampuan anak

Kebanyakan anak anak akan merasa bahagia apabila kemampuanya dihargai oleh orang tuanya, dan sebagai orang tua jangan pernah membandingkan kemampuan seorang anak dengan anak orang lain, karna hal itu akan membuat mentalnya menjadi semakin buruk dan merasa kurang bahagia. Maka apabila anak anda belum seperti apa yang anda harapkan kemampuanya. Maka alangkah baiknya jika anda terus memberikan semangat dan dorongan kepada sang anak untuk mencapai apa yang di inginkan.

4. Membiasakan tidak main fisik terhadap anak

Salah satu hal yang perlu di ingat sebagai orang tua, jangan gampang mendidik anak dengan cara fisik dan kekerasan. Karna secara naluri anak yang sering diperlakukan secara fisik akan mempengaruhi mentalnya untuk menjadi anarkis, ataupun akan menjadikan anak menjadi lemah mental apabila dilakukan secara terus menerus.

5.  Membantu anak memecahkan masalah

Keterlibatan orang tua dalam mendidik anak sangat lah penting, salah satunya adalah membantu memecahkan masalah yang dihadapi sang anak, karna sebagian anak akan mudah merespon saran dan tanggapan yang diberikan orang tua untuk memecahkan masalah sang anak. Maka sebagai orang tua layaknya kita membantu maslah sang anak dengan cara sederhana.


6.  Pola asuh yang cenderung Demokratis

Pola asuh orang tua terhadap sang anak sangatlah penting, dalam berbagai riset diketahui bahwa pola asuh yang demokratis dan memberikan sedikit kebebasan akan memberikan dampak positif terhadap perkembangan seorang anak, maksudnya adlah memberikan pola asuh yang terbuka dan tidak terlalu otoriter dalam mendidik anak.

7. Tidak mendiskriminasi antara laki laki dan perempuan

Sebagai orang tua, layaknya kita tidak membatasi antara anak laki laki dan anak perempuan dalam meraih prestasi, alangkah baiknya kita memberikan kesempatan kepada anak anak kita secara sepadan dalam mengakses kemajuan dan prestasi. Dan perlu diingat dalam mendidik anak alangkah baiknya jika dilakukan oleh kedua orang tua yaitu ibu dan bapak. Hal itu akan lebih membuat keluarga menjadi harmonis dalam menjalani kehidupan.

Baca juga artikel lainya tentang bagamana cara kita mendidik anak di blog ini, semoga tips ini bisa sedikit memberi wawasan bagi anda orang tua ataupun calon orang tua.

Comments

Popular Posts